Tim Van Damme Inspired by Tim Vand Damme

About me

Foto Saya
Namaku Rachmat
Lihat profil lengkapku

Blog

22 Feb 2015

PADAMU : Tutorial Pengaktipan PTK Semester 2 Tahun Pelajaran 2014-2015

0 komentar

Untuk melakukan keaktipan PTK di semeser 2 pada tahun ini, tidaklah sesimpel mengaktipkan PTK seperti semester lalu. Semester lalu, tiap-tiap PTK dapat mengaktipkan hingga mencetak kartu PTK melalui akun masing-masing. Bila sebelumnya tiap PTK dapat mengisi riwayat mengajar di akun masing-masing, sekarang tiap PTK diharuskan terdaftar di info/riwayat mengajar semester 2 melalui pengaturan jadwal pembelajaran yang hanya bisa diakses pada akun Operator/Admin Sekolah di Satuan Pendidikan masing-masing. Jadi di sini Operator Sekolah bekerja lebih keras dalam pengisian jadwal dan jam pembelajaran untuk tiap-tiap rombel. Ingat tiap-tiap rombel bukan sekedar kelasnya saja...!!!

Dalam pengaturan jadwal dan jam pembelajaran diharuskan sudah menginput data mata pelajaran pada tiap-tiap kelas, dan penempatan ruang kelas untuk masing-masing rombongan belajar. Nah, untuk mengiput data kelas pun diharuskan mengisi data siswa yang ada di kelas masing-masing. Sedangkan untuk mengisi data mata pelajaran dapat dilakukan pada menu kurikulum.

Jadi, tahapan pengaktifan pembelajaran semester 2 tahun pelajaran 2014-2015 kira-kira seperti ini :

  1. Sarana & Prasarana
    Input data tanah, bangunan, ruang, hingga perabotan yang ada di masing-masing kelas sesuai keadaan di sekolah masing-masing.
  2. Siswa
    Input seluruh data siswa kelas 1 s.d. 6.
  3. Kurikulum
    Input dan sesuaikan mata pelajaran untuk tiap-tiap kelas
  4. Kelas
    Input data tiap-tiap rombel, sesuaikan dengan wali kelas dan lengkapi dengan siswa di tiap kelasnya.
  5. Jadwal
    Mengatur jadwal sesuai kalender pendidikan dan jadwal mata pelajaran tiap minggu per kelasnyna.

>> DOWNLOAD <<

*Tutorial ini akan terus diupdate apabila ada kesalahan atau kekurangan dalam penjelasannya atau pun bila ada perubahan menu pada fitur PADAMU.

Catatan :

Kenapa kita harus mengisi Sarana & Prasarana juga? Karena, pada pengaturan jadwal pelajaran diharuskan menyesuaikan dengan masing-masing ruang kelas yang digunakan.

Kenapa input siswa harus 1 per 1? Karena tidak ada menu unggah/upload siswa secara kolektif di menu yang ada sekarang ini.

Kenapa input kelas harus berdasarkan jumah rombel? Karena tiap rombel mewakili masing-masing Guru/Wali Kelas. Bila diinput tidak sesuai rombel, maka akan ada Guru yang tidak memiliki kelas sehingga mempengeruhi keaktifan seluruh PTK.
Read more

21 Feb 2015

Format Penilaian KTSP Plus Taraf Serap Untuk SD

0 komentar

Format ini dibuat dalam bentuk excel, guna kemudahan para Guru dalam menginput nilai tiap-tiap mata pelajaran. Format ini, terdiri dari :
  1. Coper Daftar Nilai
  2. Format Penilaian 10 Mata Pelajaran
    (Agama, PKn, B. Indonesia, Matematika, IPA, IPS, SBK, PJOK, B. Sunda, B. inggris)
  3. Rekap Nilai Raport
  4. Lembar Taraf Serap
Karena menggunakan Ms. Excel, kita masih bisa memodifikasinya baik secara tampilan maupun rumus yang digunakan di dalamnya bila ada format yang tidak sesuai dengan penilaian di satuan pendidikan masing-masing. Disediakan pula coper daftar nilai yang imut-imut, bila kita ingin menjilid seluruh penilaian diakhir semester nantinya.

Guna mempermudah penggunaan, disediakan pula tombol navigasi untuk berpindah dari halaman ke halaman lainnya. Bila ada kekeliruan, mohon komentarnya agar dapat segera diperbaiki, terima kasih...

>> DOWNLOAD <<
Read more

2 Feb 2015

Sticker BBM 100 % Gratis

0 komentar
Seperti halnya aplikasi chatting lainnya semacam Line, BBM pun kini mulai berjualan sticker sebagai sarana pendongkrak pendapatan. Untuk mendapatkannya kita diharuskan membayar dengan harga yang bervariasi.

Tapi tahukah anda, ada beberapa sticker yang disediakan gratis oleh pihak Blackberry Messenger sendiri maupun oleh pihak sponsor? Di sini kita tidak perlu melakukan root terhadap smartphone kemudian diharuskan menambahkan aplikasi lainnya untuk dapat mendownload semua sticker berbayar dari BBM ataupun menginstal aplikasi BBM yang sudah dimodifikasi. Jadi pada tulisan ini saya akan berbagi berbagai sticker yang benar-benar gratis dan dapat langsung didownload dari aplikasi BBM.

Hingga tulisan ini dibuat, saya sudah mengunduh 5 macam sticker, 2 diantaranya adalah sticker gratis yang memang disediakan pihak BBM, dan 3 lainnya adalah sticker dari pihak sponsor, berikut tampilannya :

  1. BBM Stickers


  2. BBM Buddies


  3. Tokopedia Fun Sticker


  4. Coca-Cola Indonesia


  5. Qoo10 Q-Meme Sticker



Bagaimana cara mendapatkannya? cukup masuk ke menu SHOP/TOKO pada aplikasi BBM, kemudian pilih STICKER, di sini akan tersaji berbagai sticker yang dijual oleh pihak BBM. Carilah jenis sticker sesuai nama yang tertera di atas, dipilih kemudian klik tombol FREE/GRATIS, maka sticker pun akan segera terinstal pada aplikasi BBM.

Bila kesulitan mendapatkannya, mintalah bantuan teman yang sudah menginstal sticker-sticker tersebut pada BBM-nya. Dengan cara mengirim salah satu icon sticker tersebut, setelah diterima klik icon sticker tersebut dan segera klik tombol FREE/GRATIS untuk menginstalnya...!!!

Karena 3 sticker yang saya instal merupakan sticker yang disediakan oleh pihak sponsor, jadi tidak menutup kemungkinan masih banyak puluhan bahkan ratusan sticker lainnya yang juga disediakan oleh pihak sponsor tentunya..!!! Oleh karena itu bila ada yang sudah menginstal sticker gratis dari pihak sponsor lain, tak ada salahnya saling berbagi dengan saya di BBM, heheee.... Atau mungkin ada yang belum tahu dan belum sempat menginstal BBM yang sudah saya instal, silahkan tak usah malu-malu untuk invite BBM saya (Pin via Komentar aza yaaah) dan langsung minta sticker-sticker tersebut.

Have Fun with BBM Stickers
Read more

31 Agt 2014

Cara Membuat Api Menggunakan Baterai

0 komentar
Mau bikin api tapi ga ada korek gan? Gampang agan cuma perlu gunting, beterai, dan kertas alumunium foil. Langsung aja nih prosesnya :

  1. Siapkan bahan-bahan yaitu gunting, baterai, alumunium foil (dapat didapat dari bungkus permen karet yang berbahan kertas alumunium foil), dan dianjurkan menggunakan sarung tangan.
  2. Potong kertas alumunium foil seperti gambar dibawah (dilipet tengah jadi kotak terus ujung kanan/kiri dipotong menyamping tapi jangan ampe putus).
  3. Tempelkan kertas alumuinum foil (dibagian alumuniumnya jangan kertasnya tar ga nyala ) di kutub plus dan min baterai (pada langkah ini dianjurkan menggunakan sarung tangan).
  4. Doneee, tunggu sekitar 1-2 detik maka api agan akan muncul (pada langkah ini hati-hati agar api tidak mengenai tangan agan) setelah hidup jangan biarkan api dekat dengan baterai dalam jangka yg lama..

Penjelasan :
Masih inget rumus fisika arus listrik = tegangan/hambatan? Disini kita gak perlu perhatiin tegangannya karena teganannya udah pasti 1,5 volt tapi liat hambatan dan arus listriknya, alumunium foil dihubungin langsung ke kutub positif dan kutub negatif menyebabkan hambatan di rangakian itu mendekati 0 karena hambatannya mendekati 0, tegangan berapapun kalau dibagi 0 yah arus listriknya jadi gede banget (mendekati tak terhingga). Efek dari arus yang sangat tinggi tadi akan timbul panas di seluruh rangkaian yang lama kelamaan akan timbul api nah kenapa yang kebakar bukan batrenya tapi bisa alumunium foilnya? itu karena kemampuan menghantarkan arus listrik di alumunium foil itu lebih kecil dibandingkan di batre jadi yang kebakar itu alumunium foilnya bukan batrenya. Lagian di video juga ditunjukin alumunium foilnya dibuat kecil di tengah2 biar yang kebakar duluan yah yang kecil di tengah2 itu..

 Sumber : KasKus
Read more

26 Jul 2014

Melipat Kaos Dalam 2 Detik

0 komentar
Bagaimana melipat kaos dalam 2 detik? Dengan menguasai teknik melipat baju dalam 2 detik ini, tentunya anda akan menghemat lebih banyak waktu bukan...? Tipsnya dapat dilihat pada tautan video Youtube berikut ini :


Read more

29 Mar 2014

Cara Mendeteksi Kebohongan Lewat Gerakan Mata

0 komentar

Membaca gerakan mata dibagi menjadi 2 (dua), yaitu gerakan mata ke arah kanan dan kiri. Secara umum kalau saat berbicara lawan kita menggerakan bola matanya ke arah kanan berarti dia sedang merencanakan apa yang akan dia bicarakan, sedangkan kalau kekiri dia berusaha mengingat apa yang telah dia lakukan pada waktu lampau.

Ke Arah Kanan :
1. Kanan Atas : Berarti dia merencanakan apa yang dia ingin lihat.
2. Kanan Tengah : Berarti dia merencanakan apa yang dia ingin dengar
3. Kanan Bawah : Berarti dia merencanakan apa yang dia ingin rasa

Ke Arah Kiri :
1. Kiri Atas : Berarti dia mengingat apa yang pernah dia lihat.
2. Kiri Tengah : Berarti dia mengingat apa yang pernah dia dengar.
3. Kiri Bawah : Berarti dia mengingat apa yang pernah dia rasakan.

Cara mudah mengingatnya adalah Kanan untuk merencanakan dan Kiri untuk mengingat.
Atas ke visual (Penglihatan)
Tengah ke Auditory (Pendengaran)
Bawah ke Feeling (Perasaan)

Contoh Kasus :
Penanya (P)
Korban (K)

P : Hai brow, elu kemaren kemana kemana ngga masuk kantor?
K : Wah gw sakit brow, badannya gw ga enak banget meriang (90% pasti matanya ke arah kiri bawah, karena dia berusaha untuk mengingat apa yang di rasakan kemarin. Apabila dia ke arah kanan berarti dia berbohong karena dia berusaha untuk merencanakan apa yang akan dia bicarakan)

Silahkan di praktekan ke temen-teman anda biar dapat bukti

Untuk kasus yang matanya Juling, cara ini ngga mempan gan Paling caranya pake Lie Detector kaya yang dipake kepolisian. Lie Detector mendeteksi adanya kebohongan dari sistem gelombang. bila seseorang bohong maka gelombang akan bergetar cepat. sebaliknya jika seseorang jujur, maka gelombang tidak bergetar dengan cepat dan tidak terdeteksi oleh Lie Detector

Sumber : Kaskus.com
Read more

9 Des 2013

Ice Nine Kills - "Someone Like You" (Adele Cover)

0 komentar

I heard That you're settled down
That you Found a girl boy And you're Married now

Kudengar kau telah nyaman dengan kehidupanmu
Bahwa kau telah menemukan seorang wanita pria dan menikah

I heard That your dreams came true.
Guess she he gave you things I didn't give to you

Kudengar mimpimu telah menjadi kenyataan
Kurasa dia memberimu apa yang tidak bisa ku berikan padamu

Old friend Why are you so shy?
Ain't like you to hold back Or hide from the light

Teman lama, mengapa kau begitu malu?
Bukan kamu banget untuk menahan diri dan bersembunyi dibalik kebohongan

I hate to turn up out of the blue uninvited
But I couldn't stay away, I couldn't fight it.
I had hoped you'd see my face and that you'd be reminded
That for me it isn't over

Aku tidak suka muncul tiba-tiba tanpa diundang
Tapi aku tidak bisa menghilang begitu saja, aku tidak bisa
Aku berharap kau melihat wajahku dan memahami
Bahwa bagiku, ini belum usai

Never mind I'll find someone like you
I wish nothing but the best for you too
Don't forget me, I begged, I'll remember, you said
Sometimes it lasts in love But sometimes it hurts instead.
Sometimes it lasts in love But sometimes it hurts instead, Yeah.

Sudahlah, tidak apa-apa, ku akan temukan orang yang sepertimu
Ku harapkan yang terbaik bagimu
Jangan lupakan aku, kumohon, kan ku ingat semua ucapanmu
Terkadang cinta kan abadi, namun kadang juga menyakitkan
Terkadang cinta kan abadi, namun kadang juga menyakitkan, ...

You know how the time flies
Only yesterday It was the time of our lives
We were born and raised In a summer haze
Bound by the surprise Of our glory days

Kau tahu betapa waktu cepat berlalu
Seperti baru kemarin kita menikmati waktu bersama-sama
Kita terlahir dan tumbuh dalam kabut musim panas
Disatukan oleh kejutan dari hari-hari kita yang indah

I hate to turn up out of the blue uninvited
But I couldn't stay away, I couldn't fight it.
I had hoped you'd see my face and that you'd be reminded
That for me it isn't over

Aku tidak suka muncul tiba-tiba tanpa diundang
Tapi aku tidak bisa menghilang begitu saja, aku tidak bisa
Aku berharap kau melihat wajahku dan memahami
Bahwa bagiku, ini belum usai

Never mind I'll find someone like you
I wish nothing but the best for you too
Don't forget me, I begged, I'll remember, you said
Sometimes it lasts in love But sometimes it hurts instead.

Sudahlah, tidak apa-apa, ku akan temukan orang yang sepertimu
Ku harapkan yang terbaik bagimu
Jangan lupakan aku, kumohon, kan ku ingat semua ucapanmu
Terkadang cinta kan abadi, namun kadang juga menyakitkan

Nothing compares No worries or cares
Regrets and mistakes They are memories made
Who would have known How bittersweet this would taste?

Tak ada yang sepadan, tak usah khawatir atau peduli
Penyesalan dan kesalahan hanyalah buah dari ingatan
Siapa yang tahu rasanya begini pahit..?

Never mind I'll find someone like you
I wish nothing but the best for you too
Don't forget me, I begged, I'll remember, you said
Sometimes it lasts in love But sometimes it hurts instead

Sudahlah, tidak apa-apa, ku akan temukan orang yang sepertimu
Ku harapkan yang terbaik bagimu
Jangan lupakan aku, kumohon, kan ku ingat semua ucapanmu
Terkadang cinta kan abadi, namun kadang juga menyakitkan

Never mind I'll find someone like you
I wish nothing but the best for you too
Don't forget me, I begged, I'll remember, you said
Sometimes it lasts in love But sometimes it hurts instead

Sudahlah, tidak apa-apa, ku akan temukan orang yang sepertimu
Ku harapkan yang terbaik bagimu
Jangan lupakan aku, kumohon, kan ku ingat semua ucapanmu
Terkadang cinta kan abadi, namun kadang juga menyakitkan

Sometimes it lasts in love But sometimes it hurts instead

Terkadang cinta kan abadi, namun kadang juga menyakitkan
Read more

20 Apr 2013

Downlaod 5 Lagu Bikin Merinding

0 komentar

Konon lagu-lagu berikut dapat memberikan sugesti yang bermacam-macam, mulai dari depresi hingga bunuh diri. Tetapi hal tersebut hanya sebatas rumor dan tidak terbukti kebenarannya. Beberapa lagu juga hanya memiliki kesan horor tanpa pesan apapun. Meski begitu mendengarkan lagu-lagu ini memang butuh keberanian lebih. Anda penasaran? Silahkan mencoba!


  1. Reverse - Karl Meyer
    Konon lagu ini diciptakan untuk menekan dan menginterogasi tawanan perang di negara-negara Eropa saat itu. Biasanya tawanan akan ditempatkan di sebuah ruangan sempit yang gelap. Lalu sang tahanan diperdengarkan lagu ini selama lebih dari dua jam. Lalu ia menjadi depresi berat dan sangat stres. Keadaan ini yang kemudian dimanfaatkan untuk menguak semua informasi dan rahasia musuh.
  2. Gloomy Sunday - Rezso Seress
    Dengan kesedihan yang mendalam, lagu ini diciptakannya (Rezso) tepat setelah pujaan hatinya meninggal dunia. Konon kabarnya yang mendengarkan lagu ini dan sedang memiliki empati yang sama dengan Rezso saat menulis lagu bakal bunuh diri. Ketika lagu ini mulai diputar oleh banyak radio di Amerika dan Inggris yang kemudian menjadi hits, dilaporkan bahwa tragedi bunuh diri meningkat tajam. Rezso sendiri akhirnya meninggal dunia pada tahun 1968 dengan cara bunuh diri.
  3. Requiem for a Tower - Clint Mansell
    Jika didengarkan secara khidmat, lagu ini akan membawa sang pendengar berada di suatu alam yang luas dan seakan-akan tengah berhadapan dengan kematian.
  4. Sarasvaty - Story of Peter
    Lagu ini merupakan ciptaan musisi lokal, dia adalah Risa Saraswati. Di lagu Story Of Peter ini ia menceritakan kisahnya berteman dengan makhluk halus sejak kecil. Intro lagu ini dibuka dengan dentingan nada khas sunda yang menyeramkan.
  5. Lingsir Wengi
    Ini adalah lagu yang cukup populer di Indonesia. Lagu ini ditengarai adalah lagu pemanggilan hantu kuntilanak. Lengkingan suara sinden membuat bulu kuduk merinding. Terlepas dari benar atau tidaknya mitos tersebut, menyetel lagu ini malam-malam sangat tidak dianjurkan.
Sumber : kapanlagi.com
Read more

18 Apr 2013

Contoh Problema Pendidikan Indonesia Selain Tawuran

0 komentar

1. Komunikasi
Pak Guru : "Sudrun! Di mana letak Jantung?"
Sudrun : "Gak tau Pak"
Pak Guru : "Bodoh! Keluar!"
*keluar sebentar & masuk lagi*
Sudrun : "Pak, di luar juga gak ada Jantung!"2. Pinter ngarang alasan
Ibu Guru : "Kenapa telat Drun?"
Sudrun : "Saya dicopet Bu"
Ibu Guru : "Terus kamu ga apa-apa?"
Sudrun : "Ga apa2 Bu"
Ibu Guru : "Bagus. Sekarang kumpulan PR-mu?
Sudrun : "Itu dia masalahnya, Buku PR saya yg dicopet Bu.."
3. Koplokurikuler
Ibu Guru : "Siapa yg ingat pelajaran minggu lalu?"
*hening*
Ibu Guru : "Sudrun? Kamu ingat?"
Sudrun : "Sudahlah Bu! Yang lalu biarlah berlalu.."
4. Nyontek
Pak Guru : "Sudrun, jangan nyontek!"
Sudrun : "Gak Pak!"
Pak Guru : "Terus ngapain nengok2 ke Jabon?"
Sudrun : "Ini soal2nya kayakny sama Pak. Jadi saya cuma mencocokkan jawaban!"
5. Curang
Ibu Guru : "Oke,yg bisa jawab boleh pulang!"
*lempar tas keluar lewat kaca jendela*
Ibu Guru : "Siapa yang lempar tas tadi?!"
Sudrun : "Saya bu! Horee saya boleh pulang!"
6. Merokok
Jabon : "Drun, lu kok ngerokok mulu di sekolah!"
Sudrun : "Emang kenapa Bon?"
Jabon : "Ga takut mati apa!?"
Sudrun "Tenang, gw bawa korek! Kalo mati, gw nyalain lagi!"
7. Pengaruh Lingkungan
Ibu Guru : "Drun, setelah 7 berapa?"
Sudrun : "8, 9, 10 Bu.."
Ibu Guru : "Pinter! Siapa yg ajarin?"
Sudrun : "Temen-temen aku di pos ronda Bu"
Ibu Guru : "Owh bagus. Trus, setelah 10?"
Sudrun : "Jack, Queen, King..."

8. Dukungan Mama
Mama : "Drun, klo UAN ini kamu gagal lagi ga usah kenal sama Mama lagi!"
*Setelah UAN*
Mama : "Drun, gimana UAN kamu?"
Sudrun : "Maaf, anda siapa ya?"
9. Dukungan Papa
Papa : "Drun, klo UAN ini kamu gagal lagi, jangan panggil papa lagi! Paham!"
*setelah UAN*
Papa : "Drun, gimana hasil UAN kamu?"
Sudrun : "Wah hancur bgt bro!!"
Sumber : KasKus
Read more

1 Mar 2013

Fungsi Change Case pada Microsoft Excel

0 komentar
Bagi yang sudah terbiasa menggunakan Ms. Word, mungkin sudah tak asing lagi dengan fungsi Change Case. Dengannya kita dapat merubah huruf kecil menjadi kapital atau pun sebaliknya. Namun pada Ms. Excel fungsi seperti ini tidak dapat digunakan sebagaimana mudahnya pada Ms. Word. Nah di sini saya akan memberikan 1 cara mudah menggunakan fungsi Change Case di Ms. Excel tanpa menggunakan rumus. Caranya dengan menginstal aplikasi tambahan yang akan menambahkan tombol ribbon pada Ms. Excel, yaitu aplikasi ASAP Utilities.

  1. Download aplikasinya lalu instal.
  2. Buka program Ms. Excel, maka akan tampak tambahan ribbon ASAP Utilities di bagian paling akhir.
  3. Buatlah sebuah atau beberapa teks pada cell Ms. Excel, lalu blok cell tersebut.
  4. Pilih ribbon ASAP Utilities, pilih Text, maka akan tampil beragam fungsi yang dapat digunakan


Nah, untuk menggunakan fungsi Change Case, yang dapat digunakan adalah tombol Text dengan pilihan ke 2, 3, 5, dan 6. Berikut penjelasannya :
2. Change to UPPERcase merubah huruf menjadi huruf besar semua
3. Change to lowercase merubah huruf menjadi huruf kecil semua
5. Make first character Uppercase, the rest lowercase hanya merubah 1 huruf menjadi huruf besar di awal kalimat
6. Start Each Word With Uppercase Mejadikan huruf pertama menjadi huruf besar di setiap kata
Read more

Pop's Blog