Tim Van Damme Inspired by Tim Vand Damme

About me

Blog

30 Jul 2012

Simulasi UKG Online "Pasti Bisa"

"Uji kompetensi guru (UKG) adalah sistem untuk mengendalikan mutu pendidik dan tenaga kependidikan di Indonesia" menurut Prof. Dr. Arief Rahman, M.Pd. selaku pakar pendidikan dari Universitas Negeri Jakarta. dengan tujuan meningkatkan kemampuan para pendidik. Bahkan menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh, "UKG yang diikuti seorang guru akan menjadikan guru itu memiliki syarat kenaikan pangkat dan atau jabatan fungsional guru, bukan memiliki kaitan dengan tunjangan yang selama ini dikaitkan dengan sertifikat pendidik."

Namun berlangsungnya UKG secara online banyak membuat para Guru hampir stress bahkan sudah terlanjur stress, dengan alasan belum menguasai dan sama sekali tidak menguasai cara pengoperasian komputer. Apalagi para guru-guru senior yang tidak lama lagi akan menginjak usia pensiun. Memang di sisi lain UKG dapat menjadikan suatu pedoman sebagai bahan penilaian hal apa saja yang menjadi kekurangan para pendidik, agar nantinya bisa di evaluasi dan diperbaiki namun di sisi lain UKG online ini menjadi sebuah momok yang menakutkan bagi para guru.


Sebenarnya bukanlah sulitnya soal ataupun nilai minimal yang diharuskan mencapai angka 70 (skala 100) yang menjadi kendala bagi para Guru, karena salah apabila ada seseorang yang bilang takut tidak lulus UKG bila dia sendiri belum melaksankan UKG tersebut. Dan kurangnya sosialisi khususnya dalam penggunaan software UKG online dari pihak terkait juga menjadikan para Guru buta ketika menghadapi test online tersebut. Oleh karenanya diperlukan suatu pelatihan ataupun pengenalan sebelum pelaksanaan UKG online tersebut.


Dalam tulisan ini saya akan memberikan LINK simulasi UKG online dengan 10 soal yang akan tampil secara acak sesuai kisi-kisi dalam UKG beserta cara penggunaan software tersebut dan tentu saja Anda tidak perlu menginstal sesuatu apa pun dalam komputer Anda, karena aplikasi ini dapat dijalankan langsung dari browser Anda dengan koneksi internet tentunya. Berikut tampilan dan cara penggunaan simulasi KKG online :
  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengisi data diri Anda pada kotak hijau isian berikut, lalu klik tombol PROSES.
  2. Selanjutanya Anda dapat memulai mengisi 1 per 1 soal yang tersedia, namun sebelum mengisi soal ada baiknya Anda mengetahui fungsi dari tiap-tiap tombol yang ada pada software UKG online.
    Tampilan soal pada software UKG online

    Penjelasan fungsi dari tiap-tiap tombol :
  3. Bila sudah sedikit memahami tombol-tombol pada software tersebut coblah untuk memmulai mengisi 1 per 1 soal yang tersedia dengan cara meng-klik lingkaran salah satu pilihan A, B, C, atau D.
  4. Bacalah dengan seksama setiap soal dan periksa apakah jawaban Anda sudah yakin "betul?" sebelum melanjutkan ke soal berikutnya.
  5. Jika sudah mengisi semua soal yang tersedia, cobalah untuk menekan tombol bergambar jejak kaki agar Anda dapat melihat apakah ada soal yang terlewati atau belum terisi.
    Dengan menekan tombol jejak kaki, akan tertampil urutan angka yang mewakili tiap-tiap nomor soal yang sudah anda jawab. Jilka angka-angka tersebut masih berwarna merah, berarti Anda belum menjawab soal pada nomor tersebut. Pilih angka tersebut dengan mengkliknya, kemudian tekan tombol OK. Maka Anda akan dibawa ke nomor soal tersebut.

    Jika semua angka berwarna hijau berarti semua soal sudah Anda jawab. Lalu tekan tombol X untuk keluar.
  6. Jika sudah merasa yakin dengan semua jawaban Anda. tekan tombol bergambar tangan lalu klik OK.
Yups, demikian penjelasan singkat tentang cara penggunaan Aplikasi UKG online yang mudah-mudahan dapat membantu bagi semua rekan Guru yang akan menghadapi UKG online. Untuk langsung mencobanya dapat memilih salah satu pilihan soal berikut ini :




0 komentar:

Posting Komentar

Pop's Blog