Tim Van Damme Inspired by Tim Vand Damme

About me

Blog

22 Feb 2015

PADAMU : Tutorial Pengaktipan PTK Semester 2 Tahun Pelajaran 2014-2015


Untuk melakukan keaktipan PTK di semeser 2 pada tahun ini, tidaklah sesimpel mengaktipkan PTK seperti semester lalu. Semester lalu, tiap-tiap PTK dapat mengaktipkan hingga mencetak kartu PTK melalui akun masing-masing. Bila sebelumnya tiap PTK dapat mengisi riwayat mengajar di akun masing-masing, sekarang tiap PTK diharuskan terdaftar di info/riwayat mengajar semester 2 melalui pengaturan jadwal pembelajaran yang hanya bisa diakses pada akun Operator/Admin Sekolah di Satuan Pendidikan masing-masing. Jadi di sini Operator Sekolah bekerja lebih keras dalam pengisian jadwal dan jam pembelajaran untuk tiap-tiap rombel. Ingat tiap-tiap rombel bukan sekedar kelasnya saja...!!!

Dalam pengaturan jadwal dan jam pembelajaran diharuskan sudah menginput data mata pelajaran pada tiap-tiap kelas, dan penempatan ruang kelas untuk masing-masing rombongan belajar. Nah, untuk mengiput data kelas pun diharuskan mengisi data siswa yang ada di kelas masing-masing. Sedangkan untuk mengisi data mata pelajaran dapat dilakukan pada menu kurikulum.

Jadi, tahapan pengaktifan pembelajaran semester 2 tahun pelajaran 2014-2015 kira-kira seperti ini :

  1. Sarana & Prasarana
    Input data tanah, bangunan, ruang, hingga perabotan yang ada di masing-masing kelas sesuai keadaan di sekolah masing-masing.
  2. Siswa
    Input seluruh data siswa kelas 1 s.d. 6.
  3. Kurikulum
    Input dan sesuaikan mata pelajaran untuk tiap-tiap kelas
  4. Kelas
    Input data tiap-tiap rombel, sesuaikan dengan wali kelas dan lengkapi dengan siswa di tiap kelasnya.
  5. Jadwal
    Mengatur jadwal sesuai kalender pendidikan dan jadwal mata pelajaran tiap minggu per kelasnyna.

>> DOWNLOAD <<

*Tutorial ini akan terus diupdate apabila ada kesalahan atau kekurangan dalam penjelasannya atau pun bila ada perubahan menu pada fitur PADAMU.

Catatan :

Kenapa kita harus mengisi Sarana & Prasarana juga? Karena, pada pengaturan jadwal pelajaran diharuskan menyesuaikan dengan masing-masing ruang kelas yang digunakan.

Kenapa input siswa harus 1 per 1? Karena tidak ada menu unggah/upload siswa secara kolektif di menu yang ada sekarang ini. [Update : input siswa sudah bisa dilakukan secara kolektif dari Ms. Excel]

Kenapa input kelas harus berdasarkan jumah rombel? Karena tiap rombel mewakili masing-masing Guru/Wali Kelas. Bila diinput tidak sesuai rombel, maka akan ada Guru yang tidak memiliki kelas sehingga mempengeruhi keaktifan seluruh PTK.

0 komentar:

Posting Komentar

Pop's Blog